Tips Memelihara Tokek Rumah

Pilihan Tempat :

Secara umum tokek akan menyukai tempat-tempat yang sunyi/jauh dari kebisingan dan jauh dari jangkauan manusia,makanya tokek dalam kebiasaannya selalu memilih tempat di plafon rumah,dibalik lukisan, dibalik jam dinding dsb. Sehingga seharusnya kita merencanakan untuk memelihara tokek harus memenuhi kriteria yang dianggap aman oleh si tokek.

Misalnya kita memilih kamar kosong/gudang rumah untuk tempat pilihan untuk memelihara tokek, selain itu juga ada 2 pilihan, yaitu (1) dengan melepas liarkan tokek didalam kamar kosong/gudang tersebut atau (2) dengan menggunakan kandang-kandang kecil, dan jangan lupa untuk melepas liar tentunya semua akses yang bisa membuat tokek keluar harus ditutup sedemikian rupa.

Menurut saya pemeliharaan yang bagus adalah dengan menggunakan kandang pembesaran, artinya kandang akan menyesuaikan ukuran dari tokek yang kita pelihara. Misal untuk ukuran tokek dengan panjang dibawah 17 cm kita gunakan aja kandang dengan ukuran 30 cm.(seperti pemeliharaan ikan arwana). Hal ini dimaksudkan agar tokek tidak terlalu banyak aktivitas, jangkauan makanan (jangkrik dan air minum) dekat, memudahkan dalam pengawasan. Jeruji/jaring kandang bisa menggunakan jaringkawat dengan lubang2 kecil supaya jangkrik pakan tidak keluar dari andang. Untuk ukuran kandang 30×30 cm bisa di huni 2 tokek kecil atau lebih sekaligus , selain untuk menghemat tempat juga untuk interaksi tokek dan persaingan dalam mendapatkan makanan dan jika ukuran/besar tokek sudah brtambah maka lakukan pengurangan/pemindahan tokek ke kandang yg lebih besar, demikian selanjutnya.

Makanan :

Pada dasarnya tokek menyukai serangga, dalam pemeliharaan pilihan yang bagus adalah jangkrik pakan, selain mudah didapatkan juga jangkrik memiliki kandungan protein yang bagus. Untuk menambah nilai gizi dari jangkrik tersebut kita bisa memberikan makanan kucing (kering,whiskas) pada jangkrik sehingga kandungan pada jangkrik tsb juga meningkat. Adakalanya juga bisa memberikan telur ayam dicampur dengan madu secukupnya untuk menambah gizi.

Minuman :

Minuman buat tokek bisa bisa berupa air putih saja atau ditambah dengan gula jawa/madu akan lebih baik, karena ha;l ini bisa menambah vitalitas tokek dan mempercepat pengemukan.

Pembersihan kandang :

Penempatan kandang sangat penting guna mempermudah pembersihan kandang. Sebaiknya peletakan kandang tokek bisa menempel didinding bisa menggunakan siku L atau dalam bentuk kotak dengan kaki2 penyangga, hal ini dimaksudkan agar kotoran tokek tidak merusak alas kandang. Pembersihan kotoran bisa dilakukan 1 minggu sekali, karena pada dasarnya tokek tidak terlalu sering buang kotoran dan menghindari kontak yang brlebihan dengan manusia.

by:Hog Lie

About these ads

Tentang Tokek Sehat

Menggemari Tokek dan Gecko
Tulisan ini dipublikasikan di tips dan tag , , . Tandai permalink.

65 Balasan ke Tips Memelihara Tokek Rumah

  1. asmarantaka berkata:

    wah bisa jadi gde tuh tokek….xixiixix :mrgreen:

  2. tokeksehat berkata:

    bethul…malah jd gendut tu tokek…hehe
    thanks for insight..:)

  3. asmarantaka berkata:

    wokee…sama2 bro :mrgreen:

  4. Masyono berkata:

    Saya seorang peternak tokek,bagaimana menurut anda. Apakah 3 tahun kedepan tokek 3 ons plus masih laku ya? Salam kenal.

    • Tokek Sehat berkata:

      saya rasa msh laku mas,soal laku harga berapa itu menurut saya bukan masalah, ditilik dari manfaatnya, tokek msh dibutuhkan utk kesehatan.
      jd sampaikapanpun sesuatu hal yg baik utk kesehatan pasti bakal ttp dicari….:)

  5. gun berkata:

    bos saya mau tanya kalau untuk vitamin toke apa aja ya dan madu ya yg alami atau yg di botol maksud ya yg udh diracik atau yg belum diracik maksihhhh

    • Tokek Sehat berkata:

      madu boleh,telur ayam kampung jg boleh,yg penting si tokek mau itu sdh bagus.qlo madu yg di botol bisa jg d kasihkan,asal tdk mengundang semut aja.
      yang terpenting adalah meningkatkan mutu/gizi makanan utamanya,yaitu serangga.misalnya jangkrik pakan burung,dikasih pakan yg bagus aja jangkriknya,sprti wishkas (makanan kucing) di kasihkan aj ke jangkriknya tar jg imbasnya ke si tokek.

  6. omank berkata:

    saya kan ingin membudidayakan tokek.
    saya mau nanya tempat pemasaranya donk…

  7. dimz berkata:

    mas mau tnya, tokek yg bagus yg warna item apa putih ya?

  8. dimz berkata:

    tokek yg bagus yg item apa putih?

  9. wahyu berkata:

    bos..
    saya baru pertama mnangkap tokek..

    bisa saya minta tolong bagaimana cara merawatnya ??

    thx

  10. wahyu berkata:

    o ia..
    kalau bisa tolong balasnya k e-mail saya..

    trims

    wahyukurnia_fajri@yahoo.co.id

  11. sopyan berkata:

    barangkali ada yg minat, saya punya seekor tokek besar ukuran panjang 28cm berat 3ons lebih.
    Kalo ada yg minat silahkan hub:
    087747778884

  12. jadd smile berkata:

    saya suka dengan gaya pemaparan anda ttg tips memelihara tokek rumah, dg melihat gambar kandang tokek diatas sepertinya kandangnya pake sistem terbuka ya? apa dg model kandang seperti diatas tdk menyebabkan tokek mudah stress krn sering kontak langsung dg manusia? mohon penjelasannya dan terimakasih sebelumnya,

    • Tokek Sehat berkata:

      Memang Pak,pada umumnya tokek memang takut dgn manusia,utk desain yg saya maksud tsb itu hanya utk memudahkan saat kita atau temen kita ingin melihat utk selebihnya kandang jg ditaruh ditempat sepi/dikamar khusus atau di gudang rumah,terimakasih Pak atas atensinya,saya berharap ada sharing lg dgn Bpk….:)

  13. teresia berkata:

    kalau miara tokek di kandang burung boleh gak?

  14. adan berkata:

    lama memelihara tokek dari abis netas ke berat 3.1 ons kira-kira memerlukan waktu berapa lama ya….thks..

    • Tokek Sehat berkata:

      waduh mungkin ukuran tahun ya Pak, dari pengalaman saya dari tokek yg menetas kurang lbh 1 thn yg lalu skrg panjangx kira2 15 cm,dan kemungkinan utk umur tertentu tokek mengalami pertumbuhan yg cenderung staknan,mungkin pada usia tokek dewasa,karena pada dasarnya pertumbuhan tokek yg liar atau di kandang dgn pakan yg bagus akan mempengaruhi kecepatan pertembuhannya

  15. AGUS YULIANSYAH berkata:

    mas, klu tokek dirumah saya ada 4 ons, gimana mau jualnya ya

  16. purnama berkata:

    gan ane nangkap toke, ane gk tau jenisnya, ane nangkapx dikos.an ane, gan boleh gk kta nempatkan kandang tokek di dlam kamar rumah. . . .??

  17. dany berkata:

    mau tanya bos, saya punya tokek mulai dari kepala sampai ekor panjangnya sekitar 20cm, kira-kira sudah umur brp? and apa sudah boleh diberi makan jangkrik kecil?

  18. Rambo berkata:

    Mas, di kandang tokek yg saya punya kok nggak ada kotoran tokeknya ? kenapa ya ? apakah berarti tokeknya nggak pernah makan ? gimana cara ngatasinya biar cepet gede ? trim.

  19. kreator berkata:

    Mas, kotoran tokek yg saya piara kok warnanya kuningputih & tdk besar seperti kalo dia ndak dikandangkan ? trim.

  20. iis berkata:

    berapa bln yg lalu ada toke masuk kerumah sy mas…..trus smpai skrg berada di dlm kamar utama…sy ingin memelihara karna rencananya sebentar lagi mau pindah rumah…tp sy binggung bagai mana caranya menangkapnya mas bs tlg kasih tau nga…makasiiih sblmnya

  21. stif berkata:

    Mas sy punya toke, panjang 28cm beratx sy kurang tahu, tp lumayan besar, dapatx dua hari lalu, terus katax toke bisa di jual, jadi harga pasarannya toke emang berapa mas??? makasih…

  22. ubannellys berkata:

    mv mas… klo tngtng cara penangkapannya apakh ad cara khusus..???
    soal’a tkut salah tar dy malah strees n meninggal gmn..???
    soalnya tuh tokek dh kaya kluarga drmh sya.. He.. Hee.. Thank’s maz….

  23. Slebor berkata:

    Mas klow memelihara toke kira2 brapa tahun bisah mencapai 3 ons..

  24. iwan berkata:

    selmat pagi Gan,, maff sebenernya dengan pasaran harga yang sangat Gde itu ,,apa Bener gan y>>????

  25. Yogie Ardhensa berkata:

    makasih mas artikelnya, he… saya baru aja dapet tokek di kosan. semoga bisa di jual dengan nilai yg tinggi. He…

  26. Adeo berkata:

    selamat pagi, saya tertarik buat pelihara tokek, yang ingin aku tanyakan : pelengkapang apa yg dibutuhkan para pemula pelihara tokek? terima kasih atas balasannya,

  27. sumarni berkata:

    BENARAN NIH PAK AGUS
    KALAU BENARAN ADA TOKEK 4 ONS PANJANG minimal 50 cm saya serius mau beli dg harga tinggi brapa no hp nya?

  28. sumarni berkata:

    bila benar harap hubungi saya di 081927182415 bila saya sibuk sms saja.

  29. tokekanjeng berkata:

    HOAK!!!!

  30. jasmin berkata:

    tokek 1000 rupiah percm tersedia ukuran 23-28 cm hub 082131767392

  31. Riokiting berkata:

    Saya, nemu tokek rumahan, bobotnya sekitar 2 ons, mau miaranya tapi gak ada kandang, akhirnya saya kasihkan aja sama tetangga

  32. didi berkata:

    trus klau dah gde jual a kmna ?

  33. didi berkata:

    mau sgede pa pun tokek a ttp ja ga lku d jual …..ccccuuuuummmmmaaaaaa iiiiisssssssuuuuuuu

  34. Yesi berkata:

    Sy bru nemuin 3 anak tokek d rmah sy, tp yg 1 nya mau mati, bgai mn solusinya byar tokek itu shat kembali. Trimz

    • Tokek Sehat berkata:

      Sorry saya jg pernah mengalaminya soalx n dgn cara yg saya jalankan pun jg tdk bs menolong,waktu itu kndisix lemas….trus saya kasih gula jawa yg d larutkan d air tp jg tdk bs menolong.

  35. Zulhardi berkata:

    Perlihatkan donk model kandang buat tokek…thanks…

  36. lukman berkata:

    mas gmana carany aagar tokek yang baru ditangkap tidak setres???????????????????????????????????????

  37. Diicky berkata:

    kenapa saya melihara tokek ko tokeknya gk mau makan jangkrik,,,, dan tokek’a juga gk mau bersuara

  38. Fandhy Storii berkata:

    kalau tempat penjualan tokek d mana ya?

  39. fajar berkata:

    om bos kalo toke saya ko berat badan nya trun naik mulu ya? knapa tuh? oea kan da yg bilang toke tuh kalo mau jinak harus dipgang stiap hari biar dy ga kaget pas ktmu tangan bru kandang baru, ,,maksud nya untk tujuan di jual jga… tapi masalah nya berat bdan nya ini yg buat khawatir ,,, gmna ya penanganan yg bner??

  40. guneer berkata:

    lumayn bisa nambah pengetahuan tentang memelihara tokekkk >>>”””

  41. febry berkata:

    bos mw tanya aku punya tokek 10 saya mw jual tpi tempat nya dimna,,per ekor nya kira” berapa boz ?
    makasih

  42. enda berkata:

    untuk pmbersihan/prawatan kndang agar lebih mudah dbrsihkan apa boleh alas bawah kndang d’sediakn alas koran agar stiap minggu’a bisa d’ganti dgn alas koran yg baru?

  43. albertoambek berkata:

    Thankyou udah share.

  44. citra madella berkata:

    mas saya boleh minta pin bb atau no telp ny,berhubung jarang OL jd mngkn mas ny brkenan untuk share lewt bbm atau sms.saya lagi kebingungan merawat tokek saya.mksh mas sblm ny.
    klo bolh bagi no telp atau pin,bisa d kirim k email saya saja citra.madella@yahoo.com

  45. wawan berkata:

    Bisa gak tokek di kasi makan sayur? ?.

  46. Helman si elmhan berkata:

    Mau nanya ni mas, apa harga tokek masih mahal ?
    Trus, saya melihara tokek sdah 1 bln, tp pertumbuhannya kq lambat ya ?
    Boleh dikasih pelet mas ?

    Makasih.

  47. adith berkata:

    kl boleh tau berapa harga tokek,apa dilihat dari usia dan beratnya yah…? terima kasih…

  48. Ahmad berkata:

    Mas….dirumah saya punya tokek liar, tp ekornya gdee banget, itu bs dipelihara ngga’. Makasih

  49. erick t berkata:

    mas saya mw tnya,kemaren saya dapat tokek tp matanya cacat sebelah.kalau kondisi kya gto msh laku gak y.

  50. muhammad yusuf berkata:

    harga pasaran tokek berapa ya…?berdasarkan ukuran berat apa panjang?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s