Ingin Tahu Kenapa Tokek Bisa Menempel…?

Gecko_foot_on_glass

Selama ini kita mengira bahwa tokek bisa menempel karena mempunyai lem atau pelengket yang ada di telapak kakinya. Tapi apa benar…? bacalah artikel berikut:

Mengapa Tokek Tidak Jatuh?

Jalur unik di telapak kaki sudah lama diketahui sebagai penyebab tokek bisa menempel di dinding. Namun tokek punya mekanisme lebih rumit agar tidak jatuh.

Penelitian baru mendapati untuk menempel di dinding, tokek mengukur gaya tarik bumi lewat tubuhnya dan tidak bergantung dari permukaan yang dilewatinya.

Profesor dari University of Calgary Anthony Russell mengukur kemampuan tokek itu dengan mengukur tingkat kemiringan tempat merekatnya. Jika sudut kemiringan ditambah maka tokek membesarkan bulu-bulu mikroskopik dari telapaknya.

Peneliti mendapati reaksi yang sama untuk permukaan yang halus atau kasar. Hal itu menunjukkan sudut kemiringan yang menyebabkan reaksi itu, dan bukan karena tipe permukaannya, kata Russell.

“Mereka sudah terprogram untuk melakukan itu. Itu salah satu sistem yang ada di binatang untuk mengetahui orientasi tubuh dan memberitahu posisi yang lebih sulit,” katanya.

Sinyal itu disampaikan ke tokek melalui sistem syaraf pusat. Hal itu membuat binatang itu merasakan sedang naik atau turun.

sumber:http://www.didiksugiarto.com/2010/05/ingin-tahu-kenapa-tokek-bisa-nempel.html

Iklan
Dipublikasi di Uncategorized | Tag | Meninggalkan komentar

Tips menjual tokek :

( saya kumpulkan informasi dari berbagai sumber )

1. Kondisi kandang harus gelap tertutup.
Jangan sering-sering kontak langsung dengan manusia karena hewan reptil ini cepat menyusut bukan karena selama perjalanan. tapi karena kandang terbuka dan sering kontak langsung dengan manusia itu yang menyebabkan dia stress.Jadi hindari timbulnya stress pada tokek.

2. Berilah vitamin B-complex secukupnya untuk mengurangi penyusutan berat badanya

3. Berikan makan kacang ijo 1 butir jangan lebih untuk menambah stamina

4. Jangan sering – sering ditimbang. Ini sama saja akan membuat tokek stress.
Sebagai patokan apabila ukuran lebar punggung sekitar 5cm lebih itu sudah dipastikan berat 2,5-3ons.Coba gunakan patokan berikut ini :

Ciri-ciri tokek dengan berat 2,5 ons
– lebar punggung selebar bungkus rokok djisamsu
– dengan panjang berkisar 1 jengkal 4 jari

Ciri-ciri tokek dengan berat 3 ons
– lebar punggung selebar bungkus rokok sampoerna mild / 5 jari
– dengan panjang berkisar 30 cm – 37 cm

5.Tips tambahan dari kawan kita yang saya ambil dari internet ( maap saya lupa namanya …) :
“Jadi utk kawan2 yg mau bawa tokek ke JKT ada baiknya buat MoU diatas materai antara owner tokek n pihak mediator/broker. Sekalian diajak gambling para mediator ato buyernya sekalian kalo gak jadi transaksi harus ada ganti rugi n uang lelah. Cukup saya aja yang dikibulin n kena tipu. Atau alternatif laen suruh turun pihak mediator n bawa buyernya sekalian kalo emang bener2 mau beli pasti dateng tuch buyer. Semoga masukan tulisan saya ini dapat memberikan manfaat dan berguna bagi kita semua”

sumber:http://o-begitu.blogspot.com/2009/04/bisnis-tokek.html#comment-form

Dipublikasi di tips | Tag | 5 Komentar

Apajadinya Kalau Semua Tokek di Kandangkan…???

Mungkin akan menjadi hal yang menggemparkan dan bahkan bisa membuat anda merasa ngga nyaman dirumah, sebab : segala macem serangga dirumah termasuk kecoa dan laba-laba akan merajalela….

nih fotonya si spider lg joget ria….ckckckckckck

joget euy...:D

sumber:http://s725.photobucket.com/albums/ww259/yusup78/?action=view&current=Spiderman.gif

Dipublikasi di Uncategorized | 4 Komentar

Ciri-ciri Tokek Sehat

Dari postur tubuh tokek dalam keadaan aslinya adalah proporsional dari mulai kepala badan sampai ekor, artinya ukuran/besar kepala dan badan berimbang jadi badan tidak terlalu besar/lebar dan memiliki kulit yang terlihat normal walaupun gemuk/obesitas (tdk bergelamir).

Mata sedikit menonjol dengan bola mata yang cerah dan tidak bisa berkedip tentunya karena tokek memang tdk bisa berkedip….:)..

Dan sebagian besar pendapat yang mengatakan tokek itu sehat dan mempunyai nafsu makan yang baik adalah tokek dengan ciri ekor besar dan terlihat kokoh, benjolan-benjolan terlihat jelas dan kasar, tidak mudah putus dan kotorannya normal/tidak terlalu basah…

demikian kiranya semoga bisa bermanfaat, dan jika ada kurangnya mohon sharingnya….

thanks for insight…:)

Dipublikasi di tips, Uncategorized | Tag , | 19 Komentar

Tips Agar Tokek Cepat Jinak

Boleh percaya boleh tidak tokek secara alamiah adalah binatang yang sangat2 pemalu dan memiliki kebiasaan kalau sudah menggigit maka akan bisa lepas hanya jika ada petir….itu mitosnya. Dalam kenyataan tokek bisa juga kok bersifat jinak, paling tidak tidak terlalu liar, adapun pengalaman yang sudah saya lakukan adalah dengan cara mengenalkan aroma bau badan kita pada tokek, dan hal ini tidak hanya berlaku pada tokek piaraan saja, semua binatang piaraan bisa menggunakan metode ini.

Bagaimana caranya…?…cara yang efektif adalah dengan mengusapkan telapak tangan kita ke ketiak kita (pliss jgn d bau in sendiri ya…??…coz dah tahukan baunya kayak apa…??…:D…) kemudian oleskan aroma itu ke tubuh sitokek atau dengan menggunakan kain kecil dan kemudian taruh aja dalam kandangnya, tetapi untuk hewa piaraan yang lain bisa langsung mengusapkan pada hidung hewan tsb….hehehe, tips ini cukup extreem tp ga ada salahnya untuk mencoba….:)

Dipublikasi di tips | Tag , , | 9 Komentar

Beda Tokek jantan dan Tokek Betina

Menurut pengalaman saya dilihat dari postur tubuh Tokek jantan memiliki postur tubuh agak pendek dibanding tokek betina, tokek jantan kulitnya lebih terlihat gelap, warna bintil-bintilnya terlihat kontras/lbh menyala.

Tokek betina bisa bertelur walaupun tidak melalui proses kawin, tetapi telurnya tidak fertil/tdk bisa menetas.

Dipublikasi di Uncategorized | Tag | 27 Komentar

Asyiknya memelihara Tokek

Hewan reptil ini dengan nama latin Gekko Gecko (Linnaeus, 1758) dengan ciri khas suaranya dan kotorannya yang bau dan sering terinjak kaki sekarang menjadi hewan peliharaan yang exotic setara dengan hewan-hewan reptil lainnya dan dari segi harga konon kabarnya tokek ini pernah mencapai harga selangit, alias ga bakalan saya kuat beli…hahaha. Untung hewan reptil ini mudah didapatkan di tempat tinggal saya sendiri, tidak tahu kapan datangnya dan dalam rangka apa….pokoknya dateng itu aja…mmmm…krasan kali ya….hehe

Dahulukala tokek hanya digunakan sebagai obat tradisional dan tidak jarang jika bertemu dengan tokek langsung ciaaaaaatttt….!!! tepar deh itu tokek kena sambaran kain sarung bahkan tongkat kayu….ckckckck jd malu nih akhirnya memelihara tokek…hihi

Sekarang dengan adanya trend memelihara tokek dan kabar berita tentang harganya yang selangit akhirnya kemudian merelakan untuk membuat kandang dan menyiapkan makanan buat si tokek. Dalam sekian bulan pengalaman memelihara tokek banyak sekali hal2 baru yang saya dapatkan, pertama perilaku yang berubah, yaitu sekarang jika bertemu tokek/melihat tokek sudah tidak mengunakan jurus Sarung Melayang dan Tongkat Halilintar lagi tapi langsung dengan sigap ambl senter,sarung tangan, dan bersiap deh merayu sitokek supaya bisa ketangkep dengan keadaan sehat alhafiat…..hihihihihi. Perubahan kedua, yaitu perasaan sabar dan telaten, walapun sebelumnya juga sdh punya tetapi pada akhir2 ini perasaan itu semakin besar dan terasah saja, terutama tambah sabar sama istri….:)…,Ketiga adalah menambah kegiatan saya tiap hari, ada yang di liatin tiap hari, ada yang di rawat tiap hari, dan yang jelas bisa mengurangi kepenatan hidup menambah teman dan bisa menghibur diri setelah masa pensiun ini….itung-itung sekalian menunggu kelahiran cucu pertama….:)

kata Papa Hog Lie…:)

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar